[MOVIE REVIEW] A Street Cat Named Bob

Halo! Review film ini merupakan review film pertama yang aku tulis dan aku post di blog. Jadi, mohon dimaklumi jika banyak kekurangan dan kesalahannya, kan kebiasaannya mereview novel he he he. By the way, kalau nanti ada yang mau kasih kritik atau saran tentang review film yang aku buat ini, boleh banget langsung komen di kolom komentar :))


Movie Info

  •          Directed by: Roger Spottiswoode
  •          Produced by: Adam Rolston
  •          Written by: Tim John, Maria Nation
  •          Based on: novel A Street Cat Named Bob by James Bowen
  •    Starring: Luke Treadaway, Ruta Gedmintas, Joanne Froggatt, Anthony Head, Caroline Goodall
  •          Production company: Stage 6 Films, Shooting Script Films, Prescience, Iris Production, The Exchange
  •          Distributed by: Sony Pictures Releasing
  •          Release date: 3 November 2016
  •          Running time: 103 minutes

 ~~~

Sekilas Cerita

Jadi, beberapa waktu lalu, salah satu temanku merekomendasikan film A Street Cat Named Bob untukku. Tapi lucunya dia sama sekali nggak menjelaskan film ini tentang apa. Ketika ditanya pun, ia nggak mau menjelaskan garis besarnya. Dia cuma bilang, “nonton aja.” And here I am. Writing this movie review :-) ok, sekarang mari kita kupas perlahan-lahan review tentang filmnya.

Film ini bercerita tentang James yang merupakan seorang pecandu heroin dan hidup sebagai pengamen jalanan. James punya keinginan untuk berhenti menjadi pecandu, namun hal itu masih sulit untuk dilakukan oleh James. Sampai akhirnya dia tiba-tiba OD, dan bertemu dengan Val. Dari pertemuannya dengan Val lah yang akan membuat hidupnya perlahan-lahan berubah. Dan takdir menuliskan bahwa James akan hidup bersama Bob—seekor kucing jalanan. Bob mengubah perspektif James dan Bob membantu James memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan olehnya di masa lalu.

~~~


Review

Awal filmnya dibuka dengan untaian lagu yang mengalun dengan lembut. Sejenak membuat telinga merasa tenteram. Walaupun setelah itu kita akan dihadapkan dengan kehidupan jalanan yang tak lagi tabu dengan NAPZA. Awalnya agak sulit menangkap alur cerita yang ada di dalam film ini, tetapi lama-kelamaan akan mudah dicerna, dan sangat mengena. :))

Oiya film ini based on true story, lho. Jadi, feel konfliknya kerasa dapet banget sih. Berhasil bikin menitikkan air mata. Life-dramanya itu nggak terlalu dibuat-buat atau terlalu diada-adakan. Asli, perjuangan James memang berat banget dan patut diapresiasi. Susah banget lho melewati rintangan demi rintangan yang harus dilaluinya. Kalau nggak sabar dan tabah dalam menghadapinya, bisa “lewat” deh.

Dan ternyata A Street Cat Named Bob ada novelnya juga guysss. Jadi novelnya dulu yang rilis, baru filmnya. Sayang sekali novelnya sudah sulit untuk dikoleksi karena sudah langka :’)

Yang bikin senangnya lagi, alurnya tuh cepat banget. Tiba-tiba sudah akhir film aja. Pokoknya nggak nemu rasa bosan deh pas nontonnya. Paling hanya di awal filmnya saja ceritanya agak sedikit membingungkan, soalnya masih belum terlihat jelas benang merahnya.

Untuk masalah pemeran-pemerannya cocok-cocok aja sih. Apalagi pemeran Jamesnya yaampun! Pas banget dan mirip banget sama yang asli. Bobnyaaaa itu gemaaaaaaayyyy, bikin aku mau punya kucing. Film adaptasi yang ringan, tapi memberikan kesan yang mendalam.

Soundtrack film ini enak-enak juga. Lagu-lagu yang dinyanyiin James pas ngamen itu kalau nggak salah ada lagu yang dia buat sendiri, dan itu lagunya enak banget untuk didengar!

Overall, film ini keren banget sih. Sumpah, kalau lagi butuh film-film yang bisa memotivasi, you guys should watch this movie! Mungkin film ini biasa ya, selayaknya film-film biografi yang mengharukan gitu. Tapi, entalah menurutku film ini punya nilai plusnya tersendiri. Apalagi, film ini juga bercerita tentang kucing. Walaupun aku bukan pecinta kucing, tetapi film ini buat aku jadi suka kucing hahaha.



A Street Cat Named Bob mengandung banyak nilai moral juga sosial. Pesan yang ingin disampaikannya itu benar-benar mendalam banget.

Beberapa pesan yang bisa aku tangkap dari film ini:
  1.        Kita harus menggunakan kesempatan yang kita punya dengan sebaik-baiknya.
  2.        Kita harus bisa menjaga rasa kepercayaan orang lain terhadap kita.
  3.        Kita tidak boleh meremehkan orang lain.
  4.        Kita harus membantu juga memahami orang yang sedang mengalami kesulitan bukan malah menjauhinya bahkan mengejeknya.
  5.        Kucing bisa menjadi sahabat paling baik untuk manusia:-)



Dan masih banyak lagi, tapi menurutku pesan pentingnya itu 5 diatas ya. Sisanya, find it on the movie! Happy watching, hope you’ll like it.

Comments

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye