[Blogtour & Giveaway] Golden by Jessi Kirby

Judul : Golden
No. ISBN : 978-602-74322-7-7
Penulis : Jessi Kirby
Penerjemah: Wisnu Wardhana
Penyunting: Adeliany Azfar
Proofreader: Titish A.K.
Penerbit : Spring (imprint Haru)
Jumlah Halaman : 308 hlm
Kategori : YA, Contemporary, Mystery, Romance



Blurb:
Parker Frost belum pernah mengambil risiko. Dia akan lulus dari SMA sebelum sempat mencium cowok yang dia sukai. Jadi, saat nasib menjatuhkan buku catatan Julianna Farnetti ke pangkuannya—buku catatan yang mungkin bisa membongkar misteri kota tempat tinggalnya—Parker memutuskan untuk mengambil kesempatan itu.

Julianna Farnetti dan Shane Cruz dikenang sebagai pasangan ideal di SMA Summit Lakes, sempurna dalam segala hal. Mereka meninggal dalam kecelakaan di malam bersalju, meninggalkan hanya sebuah kalung, dan tanpa jenazah. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi malam itu.

Hanya saja, tidak semua kebenaran ingin ditemukan….


“Dari apa yang kulihat, ‘kemungkinan’ hampir selalu lebih baik daripada ‘kenyataan’.”—halaman 10.


Kilas balik cerita

Pertama kali mengintip instagram @katalogspring mataku langsung terpikat dengan covernya novel Golden ini. Glowing-glowing gimana gitu. I’m not a person who loves book from its cover. Because I think the most important thing of book is about its story. But, I love Golden since the first time I saw its cover!  <3

Jadi, Golden ini bercerita tentang kehidupan seseorang bernama Parker Frost. FYI, pas pertama kali baca blurb Golden, aku mengira Parker ini laki-laki, lho. Makanya aku sempat bingung, lho ini tentang gay? Padahal setahuku, novel tentang gay yang diterbitkan oleh Penerbit Spring itu yang judulnya Simon VS The Homosapiens Agenda. Ternyata setelah baca beberapa halaman dari novel Golden, terjawab sudah pertanyaanku. Yep, Parker nama perempuan yaa, Guys. So, novel Golden bukan tentang gay. Murni tentang kisah seorang perempuan yang selalu berada dalam titik nyamannya dan belum pernah mengambil risiko.


Karena menurut Robert Frost, “yang berharga tidak akan pernah bisa abadi”.—halaman 14.


~~~

“Aku tidak pernah berani bersikap radikal saat muda
Karena takut akan membuatku konservatif saat tua.”—halaman 34.


Parker Frost mendapati dirinya telah berada di tingkat akhir masa sekolahnya. Ia merasa telah menjalani tahun-tahun sekolahnya dengan menjadi anak yang baik serta penurut. Ia tak pernah melakukan hal-hal yang menurutnya di luar batas. Pokoknya, si Parker ini anaknya kaku banget.  Tipikal anak rajin kesayangan guru gitu deh. Dan memang benar, Parker bahkan menjadi asisten guru favoritnya, Mr. Kinney.

Parker memiliki seorang sahabat perempuan yang bernama Kat. Sifat Kat sangat bertolak belakang dengan Parker. Kat punya nyali untuk cabut sekolah, Kat sering melakukan hal-hal yang tidak pernah dilakukan oleh seorang Parker. Intinya, Kat tuh orangnya ‘hebring’ abiiiis. Nggak seperti Parker yang kaku, Kat malah luwes dengan segala keadaan. Makanya aku agak bingung juga ya dengan Parker. Kok bisa-bisanya dia memilih teman dekat yang justru berbeda 180 derajat dengan sifat dirinya? :’)

Bahkan mamanya Parker sudah mewanti-wanti agar Parker menjaga jarak dari Kat. Beliau menganggap Kat bukan anak baik-baik yang pantas menjadi teman dekat anaknya. Tapi Parker selalu membela sahabatnya di depan mamanya. Ia selalu berusaha menjelaskan pada mamanya bahwa sebenarnya Kat bukan anak berandalan seperti yang ada di benak pikiran mamanya.


Mudah sekali mengabaikan ketika yang kau lakukan hanyalah fokus pada jalanan lurus di depanmu.—halaman 40.


Kehidupan SMA memang tidak jauh-jauh dengan kehidupan asmara. Bahkan orang se-kaku Parker pun memiliki kenangan asmaranya tersendiri. Yah, walaupun Parker ini selalu menolak untuk mengakui bahwa dia menyukai laki-laki tersebut. Parker selalu ‘sok’ gengsi dan jual mahal banget. Tapi aku salut sama Parker, karena nggak gampang menaruh hatinya untuk laki-laki. Kupikir, sebagai perempuan memang harus berlaku seperti itu sih, jangan terlalu murah, eeeh xD. Dan tebak yang bikin gemasnya apa coba? Tokoh laki-lakinya ini gengsi-an juga! Kan makin gemaaaaaaay! Tebak nama tokoh laki-lakinya siapa? :b

Kisah asmara Parker dibumbui dengan misteri Julianna Farnetti dan Shane Cruz—pasangan yang melegenda di kota tempat tinggalnya. Julianna dan Shane yang selalu di-elu-elu-kan oleh orang-orang, ternyata memiliki nasib yang kurang beruntung. Keduanya meninggal dalam kecelakaan di malam badai salju. Sedihnya lagi, jenazah keduanya tidak berhasil ditemukan oleh tim SAR. Tidak ada yang pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi di malam itu. Semuanya masih menjadi misteri, hingga akhirnya Parker menemukan jurnal peninggalan Julianna. Dari jurnal Julianna tersebutlah, Parker mencoba untuk keluar dari zona nyamannya dan berusaha melampaui batas.


Kita semua adalah pribadi yang pasti melebihi pribadi yang kita tampilkan kepada semua orang.—halaman 43.

~~~

Tidak masalah bahwa aku sudah mengetahui bagaimana akhir cerita mereka, bagian favoritku dari kisah cinta mana pun adalah permulaannya.—halaman 95.

Jessi Kirby
(source:google)

Plot
Alurnya rapi dan padu. Pokoknya alurnya pas, nggak terlalu slow atau fast. Cara Jessi Kirby menggulirkan fakta-fakta dari misteri Julianna-Shane sangat mengagumkan. Aku senang dengan plot cerita yang dibuatnya.

Aku suka dengan bagaimana kisah asmara Parker mulai terjalin. Walaupun di novel ini, kisah mereka tidak menjadi titik point utama. Karena tentunya, Jessi Kirby lebih menekankan bagaimana Parker Frost berusaha menjadi dirinya yang sebenarnya. Dan bagaimana Parker Frost mengungkap misteri yang ada diantara Julianna Farnetti dan Shane Cruz.

Karakter
Jujur ya, karakter-karakter tokoh yang ada di novel ini hampir semuanya realistis. Jadi nggak ada yang terlalu baik atau terlalu jahat. Walaupun Parker menurutku ‘terlalu’ kaku sih, hahaha. Mulai dari gaya sehari-harinya, gaya nurutnya, gaya gengsinya, ah gemas gemas! Dan karakter tokoh favoritku disini adalah…... Trevor Collins (hayo siapa dia:b). Termasuk tipe laki-laki idealku deh si Trevor ini :)) aku juga suka sama Mr. Kinney. Guru favoritnya Parker yang unik dan memberikan kesan tersendiri bagi murid-muridnya. Kat juga suka. Ah, semua suka semua suka! xD


Aku ingin menjadi seseorang yang berani, yang mengambil risiko dan tidak memiliki penyesalan.—halaman 46.


Latar
Untuk penggambaran latar suasananya sih entah mengapa aku dapat banget feelnya. Suasana misterinya, suasana romansanya, suasana persahabatan, suasana konfliknya dan suasana-suasana lainnya yang hadir di dalam cerita novel Golden.

Penggambaran latar tempat dan waktunya juga mudah terbayang olehku. Dan tiba-tiba aku berharap novel ini diadaptasi menjadi sebuah film. I think it would be cool! :D

Sudut pandang
Jessi Kirby memakai sudut pandang pertama Parker untuk novel Golden ini. Jadi, bagaimana posisi dan perasaan Parker itu bisa benar-benar kurasakan. Bahkan, di beberapa bagian, aku merasa Parker mirip aku xD apalagi aku dan Parker sama-sama duduk di bangku tingkat akhir sekolah. Duh……. UM, USBN, UAMBN, UN, PMB STAN, SBMPTN……. *Lho jadi curhat :(


“Maaf kalau mengecewakanmu, P, tapi cowok-cowok di dunia nyata tidak bicara seperti mereka yang ada di buku-buku Nicholas Spark.”—halaman 75.


Konflik
Puncak konfliknya cukup oke sih. Hanya saja aku merasa kurang ‘sreg’ ketika cerita berada di puncak konfliknya. Entah mengapa ceritanya agak terkesan datar saat di puncak konfliknya, harusnya lebih di ’jedeeeeeeer’ dan lebih dibuat deg-deg-an. Tapi aku yes banget lah sama konflik asmaranya :’))

Ending
Meskipun aku sudah bisa menebak endingnya akan seperti apa (pembaca sotoy), aku tetap takjub saat mengetahui bahwa endingnya akan seperti itu. Dugaanku tidak 100% benar, hanya 90% benarnya. Ending yang dilukis, ehm, maksudku yang dirangkai oleh Jessi Kirby ditutup dengan quotes manis;

“Dalam tiga kata, aku bisa menyimpulkan semua yang telah kupelajari tentang hidup: Hidup terus berjalan.”—Robert Frost

Aaaah, aku suka dengan cara Jessi Kirby mengakhiri ceritanya. Lugas dan manis. Dan tentunya, memberikan banyak pesan pada pembacanya. Quote-able banget deh. Golden makes me smile at the end. :)

“Mengambil risiko bisa bermanfaat jauh lebih banyak dari yang kau tahu.”—halaman 204.
“… dan kita semua harus hidup dalam pilihan-pilihan yang kita buat.”—halaman 262.

Overall
Oke, di penghujung review ini, aku menegaskan bahwa novel Golden merupakan salah satu novel favoritku. Ceritanya ringan tapi membuatku terkesan. Bagaimana misteri Julianna-Shane diungkap oleh Parker, bagaimana Parker berubah untuk menjadi dirinya yang sebenarnya, bagaimana kisah persahabatan Parker dengan Kat, bagaimana kisah romansa Parker dengan Trevor, bagaimana Parker keluar dari titik nyamannya dan mengambil risiko, serta bagaimana-bagaimana lainnya yang berhasil membuatku terpikat terhadap novel ini.  


Bahkan, saat aku mulai menulis review ini, aku agak sedikit takut, karena sulit sekali untuk mereviewnya tanpa spoiler beberapa adegan cerita yang terlukis begitu lengkap di otakku. Dan, aku juga bertanya-tanya, kok bisa-bisanya rating di Goodreads terhadap novel ini hanya mencapai 3.86? I mean like, seriously? Aku secara personal memberikan 4 bintang dari 5 bintang untuk novel Golden! ⭐⭐⭐⭐


“Sering kali seseorang bertemu takdirnya di jalan yang ia lalui untuk menghindarinya.”—Petuah Kue Keberuntungan.

“Aku benci menatap ke belakang dan melihat betapa naifnya diriku terhadap banyak hal. Hidup berjalan sangat jauh berbeda dari yang bisa kau bayangkan di usia tujuh belas.”—halaman 93

Catatan untuk Penerbit & Kru

Sebelumnya, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Penerbit Spring yang sebesar-besarnya atas kerjasamanya untuk Blogtour Golden kali ini. Terima kasih telah memberiku kepercayaan untuk mereview Golden. Much Love! <3

Anyway, aku suka banget sama bahasa terjemahannya. Halus (emangnya kulit?-_-) ya pokoknya nggak kaku deh bahasa terjemahannya. Meski beberapa potongan bait puisi  yang hadir di setiap awal bab, bahasa terjemahannya agak sulit dipahami. Karena terlalu ‘nyastra’ puisinya hahaha. Oya, sejauh ini aku tidak menemukan typo, lho, di novel Golden cetakan pertama ini. Congrats, yeaaayy!!

“Kau terlalu muda untuk melihatnya, tapi setiap pilihan yang kau buat itu penting. Setiap pilihan punya kekuatan untuk memengaruhi kehidupanmu nanti dengan cara yang tidak bisa kau ubah.”—halaman 277

“Tapi apa yang tidak saya sadari selama waktu itu, apa yang saya lewatkan selama ini, adalah bahwa kesempatan ada di mana-mana. Kehidupan juga terdiri atas kesempatan….”—halaman 288.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat! Oya, besok dan seterusnya, lanjutkan touring ke blognya Kak Dhila, Kak Frida, Kak Tiara, dan Kak Asri yaaa! Happy touring! ^^




*** !!! GIVEAWAY TIME !!! ***


Ada satu buah notes Golden persembahan dari Penerbit Spring untuk salah satu dari kalian nih! Lho, kok bukan novel hadiahnya, Kak? Untuk giveaway berhadiah novel Golden, bisa kalian ikuti di akhir rangkaian Blogtour Golden ini. Sekarang, kalian bisa mengikuti giveaway yang berhadiah notesnya dulu :D kan lumayan buat nulis-nulis, siapa tahu jadi penulis seperti Jessi Kirby nantinya? Hihihi. Oke, cara ikutannya gimanaaa tuh? Gini caranyaaa: 

  1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  2. Follow blog ini (opsional) melalui GFC, Google+ atau Email. Lalu, follow akun twitter (WAJIB) @pabooel dan @penerbitspring. Oya, kalian juga boleh follow akun instagram @bookaisy dan @penerbitspring (lho, malah promosi xD).
  3. Share link Blogtour ini dengan menggunakan hastag #BlogtourGolden dan jangan lupa untuk mention @pabooel & @penerbitspring. Kalau ada yang ingin post di instagram, boleh repost banner Blogtour Golden, lalu tag akun instagram kami dan sertakan hastag #BlogtourGolden.
  4. Tulis nama, akun twitter, domisili,  dan link share di kolom komentar di bawah ini.
  5. Giveaway ini berlangsung sampai dengan 11 Maret 2017 pukul 23.59 WIB. 

Kalau masih ada yang bingung dengan rules-nya, boleh tanya di komentar atau mention aku di twitter ya! :D Good luck! ^^


Comments

  1. Nama: Najwa Fadhilatunnisa
    Twitter: @najwafadh
    Domisili: Bandung
    Link Share:
    https://mobile.twitter.com/najwafadh/status/838954815484899329

    Terima kasih untuk kesempatannya, Kak Aisyah😄

    ReplyDelete
  2. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/838960725573820416?p=v

    ReplyDelete
  3. Nama: Melani I.S
    Domisili: Situbondo, Jawa Timur

    Twitter: @aii_vitri
    Instagram: @m3lv3.13

    Link share: https://mobile.twitter.com/aii_vitri/status/838969251524272128

    ReplyDelete
  4. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: Semarang
    Link share : https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/838973007208968194

    ReplyDelete
  5. Nama : Putri Munthe
    Twitter : @poetstories
    Domisili : Jakarta
    Link Share : https://twitter.com/PoetStories/status/838995244624433152

    ReplyDelete
  6. Nama : yasmiyanti
    Twitter : @yaz_1090
    Domisili : Purworejo, Jawa Tengah
    Link share : https://mobile.twitter.com/yaz_1090/status/838962607792889857?p=v

    ReplyDelete
  7. Nama: Rimadian Ulfa Yusfia
    Akun Twitter: @AdinRim
    Domisili: Temanggung, Jateng
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/839036020066828288

    ReplyDelete

  8. Kejora Anaphalisia
    @Anaphalisia
    Pinrang, Sulawesi Selatan
    Link share: https://twitter.com/Anaphalisia/status/839053872400220160

    ReplyDelete
  9. Nama: Fara Astryani
    Twitter: @FaraAstryani
    Domisili: Bogor
    Link share: https://twitter.com/FaraAstryani/status/839082123147407361

    ReplyDelete
  10. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/839102664419876866

    ReplyDelete
  11. Nama:Femmy Adis
    Twitter :@FemmyAdis
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/Femmyadis/status/839116790525386753

    Wish me luck 🙏

    ReplyDelete
  12. Nama: Nur Rachmawati Z
    Twitter: @ombakbintang
    Domisili: Semarang
    Link share: https://twitter.com/OmbakBintang/status/838992392531292160

    Terima kasih 😊

    ReplyDelete
  13. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/839327013945004032

    ReplyDelete
  14. Bama: aya Hans
    Twitter: @jeruknipisanget
    Domisili: Banten
    https://mobile.twitter.com/JeruknipisAnget/status/839337411905630208?p=v

    Terimakasih untuk kesempatan giveawaynya. Sukses ya :) Wish me luck

    ReplyDelete
  15. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/839368802789806082

    ReplyDelete
  16. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/839408253209477120

    ReplyDelete
  17. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/839475130908618752

    ReplyDelete
  18. Nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    twitter : @AenunNasyifaZA
    domisili : Solo, Jateng
    Link Share : https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/839476200330272769

    ReplyDelete
  19. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember, Jatim
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/839511238983876609

    ReplyDelete
  20. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/839543574714695680
    Morowali, Sulawesi tengah

    ReplyDelete
  21. Fitra Aulianty
    @fira_yoopies
    https://twitter.com/fira_yoopies/status/839650384012443649
    Pekanbaru, Riau

    ReplyDelete
  22. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/839794963219009541
    Domisili: Surakarta, Jawa Tengah

    ReplyDelete
  23. Nama: Rizki Ayu Safitri
    Akun Twitter: @ofckikik
    Domisili: Malang
    Share Link: https://twitter.com/ofckikik/status/839817416733413376

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Maaf yang benar ini kak, yang tadi linknya mati :)

    Nama: Marfa
    Twitter: @umimarfa
    Domisili: Purwokerto
    Link: https://twitter.com/umimarfa/status/839945919923539968

    :)

    ReplyDelete
  26. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/839981099375718400

    ReplyDelete
  27. Nama : Fera Lestari
    Akun Twitter : @feralestari95
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/feralestari95/status/839982180197572608

    ReplyDelete
  28. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Domisili: Sidoarjo
    Link: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/839997235714650112

    ReplyDelete
  29. Nama: Nurul Lathifah
    Twitter: @nurullathifah96
    Domisili: Sidoarjo, Jawa Timur
    Link: https://twitter.com/nurullathifah96/status/839999826146148352

    ReplyDelete
  30. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Riau
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/840028560223956992

    ReplyDelete
  31. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Riau
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/840028560223956992

    ReplyDelete
  32. Nama: Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Domisili: Jatim
    Link share: https://twitter.com/RinitAvyy/status/840069732480905221

    ReplyDelete
  33. Nama: Lenny AR.
    Akun twitter: @justlynn23
    Domisili: Banjarmasin
    Link share: https://twitter.com/justlynn23/status/840239769787363329

    ReplyDelete
  34. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang, SumSel
    https://twitter.com/btgmr/status/840238119320461312

    ReplyDelete
  35. Nama : Alvanesya
    Twitter : @vanesyakeiko
    Domisili : Nganjuk, Jawa Timur
    Link Share :
    https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/840333843047600129?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8209795887

    ReplyDelete
  36. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/840405452257091584
    Domisili : Bogor

    ReplyDelete
  37. Nama: Cahya
    Akun Twitter: @ccchhy
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/840481563343167488

    ReplyDelete
  38. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/840491235299082241
    Domisili : Aceh

    ReplyDelete
  39. Nama: Ayu Wiyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/840540926942494720

    ReplyDelete
  40. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Domisili : Purwakarta
    Link share : https://twitter.com/frdliash/status/840716763683729408

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://twitter.com/frdliash/status/840718628932608000

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye