[BOOK REVIEW] Lagi Probation by Samuel Ray

Judul : Lagi Probation
No. ISBN : 978-602-06-3830-0
Penulis: Samuel Ray (@srl789)
Penyunting Naskah: Yohana Shera
Pembaca Pruf : Nadira Yasmine
Ilustrator: Yoelanda Sari (@poninipu)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 260
Kategori : Nonfiksi, Self Improvement

follow, guys! @bookaisy

Blurb:
Mencari kerja adalah proses yang dihadapi semua orang dalam perjalanan kariernya. Namun, sering kali ada kebingungan dan ketidakpastian yang muncul. Mulai dari informasi yang nggak lengkap mengenai lowongan kerja, HRD yang susah dihubungi, sampai nego gaji yang alot.

Lewat Lagi Probation, Samuel Ray—seorang praktisi HR profesional—membagikan tips dan trik mencari kerja, mulai dari menulis CV hingga negosiasi gaji, yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan "mendarat", tanpa ditutup-tutupi, berdasarkan pengalaman dan sudut pandangnya.

Buku ini ditulis untuk kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, sedang ingin mencari pekerjaan baru, atau sedang mengenang masa-masa mencari pekerjaan. Karena hidup adalah sesederhana menjadi proses probation ke probation selanjutnya.

***

Hasil gambar untuk finding jobs
sumber: jobs.vettimes.co.uk

Kilas Balik Cerita

Seperti biasa, sebelum masuk ke reviewnya, kita kilas balik cerita sedikit dulu ya, guys! Jadi, mau tanya dong, guys, kalian sebelumnya sudah pernah tau atau bahkan mungkin kenal dengan Ko Sam a.k.a. Samuel Ray a.k.a. @srl789 kah?
Okay, if you guys already knew, it’s good. If you don’t, it’s okay! Aku juga belum terlalu lama banget follow akunnya Ko Sam. Berawal dari tanteku yang sharing-sharing soal dunia kerja (special thanks to my aunt!), dan nyuruh aku untuk follow Ko Sam supaya bisa lebih melek soal nyari kerja nanti. Eh, jadi ketagihan baca-bacain kontennya, terus nunggu-nungguin konten barunya Ko Sam. Untuk yang belum tau, Ko Sam ini (ceileh sksd bgt?!) merupakan salah satu influencer di Instagram, lho. Eits, tenang aja, Ko Sam bukan influencer abal-abal kok. Ko Sam ini kontennya bermanfaat banget buat yang #LagiProbation, sesuai banget sama judul bukunya kan?
Well, Ko Sam merupakan seorang praktisi HR profesional, seperti yang tertera di sinopsis bukunya. Kalau bisa di-edit, bakal aku tambahin jadi seorang praktisi HR profesional yang tidak pelit untuk berbagi ilmu. Setiap Senin, Rabu, Jum’at—kalau aku nggak salah—merupakan jadwal-jadwal khusus buat Ko Sam untuk ‘ngonten.’ Kontennya apa aja sih? Sharing ilmu sebagai seorang HR profesional. Cuzzz, silakan di-follow ignya Ko Sam kalau mau kepo lebih lanjut~
IBF 2020, stan Gramedia
Karena demen ngikutin kontennya Ko Sam, dan aku ngerasa memang butuh untuk lebih banyak belajar dan cari tahu soal tahapan-tahapan cari kerja, kucatat lah buku Lagi Probation ke list-book-to-buy punyaku. Aku nggak sempat ikutan PO sih, karena lagi bokek pas itu haha. Eh, ternyata malah berjodoh di Islamic Book Fair sama bukunya Ko Sam. Nyempil di stan Gramedia, langsung aja take it and pay it, asik!

            Let me tell you something: siapa pun boleh bermimpi.—halaman 56.

Rasa-Rasa Saat Baca

Bukunya handable banget, ukurannya pas banget buat dibawa-bawa. Nggak terlalu kecil atau besar, dan nggak terlalu tebal. Ditambah lagi dengan desain cover dan ilustrasi di dalam bukunya yang sangat-sangat eye-catching. Omo, gemash banget sih aku sama ilustrasinya!!! Biasanya, aku tuh suka terganggu dengan buku yang terlalu banyak gambarnya. Karena aku lebih suka buku yang isinya tulisan aja. Kalaupun mau ada gambarnya ya mending sekalian jadi komik aja gitu lho. Ingat ya, ini preferensiku aja, lho, guys xD
Bahasa yang digunakan oleh Ko Sam di buku ini SANTUY banget alias santun dan santay. Iya-iya, memang maksa aja aku tuh. Tapiiiii, asli, bahasanya ‘ngenakin’ banget buat dibaca, jadinya nggak ngebosenin. Mungkin, buat yang sudah sering baca konten snapgramnya Ko Sam, sudah kenal ya dengan bahasanya Ko Sam. Ya, santai tapi tetap santun. Ketika baca bukunya, vibesnya tuh jadi positif yang fun gitu. Kan cari kerja nggak gampang, banyak drama-drama ribetnya, nah Ko Sam nih ngasih suntikan semangat yang positif dari tulisannya. Ngerti ngga sih maksudku, guys? Hahaha. Intinya, bacaannya tuh ringan padahal bahasannya serius.
Dua kata: hiduplah realistis.—halaman 87.
Hasil gambar untuk realistis
sumber: laduni.id

Di buku ini, Ko Sam juga mengajak pembacanya untuk tidak hanya sekadar membaca. Ada komunikasi dua arah yang berusaha diciptakan oleh Ko Sam, bukan komunikasi secara langsung sih, tapi secara ngga langsung. Di mana di beberapa bagian bukunya, Ko Sam mengajak kita untuk berpikir, menuangkan pikiran dan pendapat kita di halaman kosong yang disediakan di bukunya, dan kemudian take action! So, buku ini  worth it banget, karena nyaman untuk dibaca berkali-kali.
Untuk yang nggak terbiasa baca, atau kurang suka baca, kayaknya bisa cocok sih dengan bukunya Ko Sam. Karena di akhir tiap bab, tertera kesimpulan dari bahasan di bab tersebut. By point pula kesimpulannya, ringkas banget kan?
Btw, aku baca bukunya yang edisi cetakan pertama nih, fresh banget dari ovennya hahaha. Salut banget, typo di cetakan pertamanya minim banget. Cuma typo kecil yang nggak perlu terlalu diacuhkan. Tapi nih tapiii, aku kurang suka dengan tidak rata kanan tulisannya jadi nggak mode justify, rata kiri aja. Mungkin karena aku kebiasaan baca buku yang justify—rata kiri kanan, kali yaa. Jadi ngeliatnya kaya kurang rapi aja gitu. Memang sih, kadang dibuat ada space untuk ilustrasi gitu. Tapi yasudahlah, ilustrasinya bisa membantu mengurangi ketidaksukaanku atas tidak rata kanan tulisan. Hadeuh, banyak mau ya aku? Subjektif, guys, tenang-tenang.

            Selalu ada kesempatan lain kalau kamu mau mencoba lagi.—halaman 159.

Serap Makna

Salah satu hal yang paling bikin aku suka dengan buku Lagi Probation ini adalah banyak quotes yang digarisbawahi, di-underline. Jadi, nggak perlu stabilo-in sendiri, guys! Haha. Jujur, kalau aku senang banget sih, karena aku tipe orang yang nggak suka nyoret-nyoret buku bacaanku, biasanya aku pake sticky notes aja buat nandain “ada quotes bagus” atau “ada kalimat bagus.” Berikut kalimat favoritku dari Ko Sam di buku ini:
Sederhana saja: maknailah hidupmu dengan kemandirian.—halaman 65.
Yups, di buku ini, Ko Sam benar-benar mengajak pembacanya untuk fokus pada tujuan dan memaknai hidup yang kita miliki. Menurut Ko Sam, kita harus punya tujuan atau motivasi dalam menjalankan sesuatu, jangan mau hidup mengalir begitu saja. Plak! Aku lumayan tertampar sih, hehehe.
By the way, Probation tuh sebenarnya apa sih? Kalau Ko Sam sendiri mengartikannya sebagai berikut:
Buat gue, dalam hidup, probation is about trying out something new.—halaman 12.
Kalau menurutku sendiri sih, ya, probation tuh mungkin menjurus ke usaha yang sedang kita lakukan untuk sesuatu yang kita tuju. Di mana sesuatu yang kita tuju itu merupakan hal baru atau hal yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Untuk penjelasan selengkapnya soal probation, kalian bisa langsung aja cuzzz beli atau pinjam dan langsung baca bukunya.
Hasil gambar untuk buy it
sumber: 123rf.com
Sesuai dengan kategori bukunya yang ‘self improvement,’ buku ini hadir untuk membantu para pembacanya menjadi ter-improve. Banyak sisipan cerita yang berasal dari pengalaman Ko Sam sendiri, yang menurutku sangat menarik. Karena pengalamannya menurutku tidak biasa, tetapi luar biasa, seperti berani untuk bersekolah di luar negeri dengan modal yang menurutku cukup nekat. Yang bikin aku tambah suka, walaupun Ko Sam banyak cerita tentang dirinya, beliau berusaha untuk tidak terlalu menonjolkan dirinya di sini. Jadi, nggak self-centered gitu, guys. Memang sepertinya buku ini ditulis Ko Sam karena murni ingin berbagi sama pembacanya sih, sekaligus mencari tambahan untuk biaya popok Hannah :D #PopokUntukHannah
Oiya, sebelumnya aku sempat mengatakan bahwa buku Lagi Probation termasuk bacaan yang ringan. Walau ringan, tetap ada istilah kata-kata ala-ala kerjaan ya, mungkin untuk yang sudah kerja atau banyak pengalamannya sudah terbiasa dengan istilah-istilahnya. Untuk yang belum terbiasa atau sama sekali nggak tau, tenang aja, Ko Sam menyediakan daftar istilahnya kok di akhir buku. Kalaupun ada istilah kata lainnya yang nggak kalian ngerti dari buku ini dan nggak ada di daftar istilah, kalian bisa googling aja xixixi.
Hasil gambar untuk google
sumber: google.com
Sebagai mahasiswa tingkat akhir (yang belum akhir banget), aku merasa cocok dengan buku Lagi Probation. Lumayan, bisa nambah amunisi referensi untuk menjalankan kehidupan di masa-masa pencarian kerja nanti. Ditambah lagi, ada beberapa selipan pertanyaan-pertanyaan FAQ gitu, yang dijawab oleh relasi-relasi Ko Sam yang memang bidangnya sesuai dengan pertanyaannya. Ada jawaban yang dijawab sama Dr. Jiemi Ardian juga, lho! Buku ini menurutku cocok banget dibaca para mahasiwa tingkat akhir, fresh graduate, yang lagi gamang dengan kerjaannya terus mau cari kerjaan baru, dan tentunya yang lagi probation.
Overall, aku senang dan bersyukur banget punya kesempatan untuk membeli sekaligus membaca buku Lagi Probation. Cara Ko Sam menyajikan tips-tipsnya sangat runut, mulai dari tahap bikin CV, sampai tahapan akhir terkait negosiasi kontrak. Buku ini juga ditutup dengan bahasan yang esensial banget dalam pencarian kerja. Banyak banget makna dan manfaat yang bisa kuserap dari buku ini. Terima kasih untuk Ko Sam, terima kasih juga untuk semua kru penerbit yang sudah turut serta dalam melahirkan buku ini!
Bahkan melalui kegagalan, hidup sedang mengajarkanmu pelajaran tentang hidup.—halaman 255.
Sekian dulu cuap-cuap dariku, sampai jumpa di cuap-cuap buku selanjutnya!
Salam literasi!

Comments

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye