[BOOK REVIEW] Love O2O by Gu Man

Judul : Love O2O
No. ISBN : 978-602-6383-13-6
Penulis : Gu Man
Penerjemah: Jeanni Hidayat
Penyunting: Hisni Munafarifana
Proofreader: Seplia
Penerbit : Haru
Jumlah Halaman : 434 hlm
Kategori : YA, Romance


photo by me


Blurb:

 Semuanya dimulai dari permintaan cerai dari suami virtual Bei Wei Wei di sebuah game online dunia persilatan. Bagi cewek ini, pernikahan di game online adalah sebuah permainan yang tidak nyata. Jadi, meski permintaan cerai itu mengejutkan, Wei Wei tidak ambil pusing.

Sialnya, para pemain lain mengira Wei Wei dimakan api cemburu saat melihat mantan suaminya menikahi Xiao Yu Yao Yao—cewek tercantik di game online. Pasalnya, tiba-tiba karakter Wei Wei di game tersebut ‘menyerang’ pesta pernikahan mantan suaminya.

Saat Wei Wei kebingungan, Yi Xiao Nai He, pemain berlevel tinggi yang dijuluki ‘dewa’, tiba-tiba meminta Wei Wei menikahinya.

Semuanya ini hanya permainan, tapi mengapa Wei Wei merasakan sesuatu yang berbeda?


***


Kilas Balik Cerita
Hola! Beberapa hari lalu, aku diberikan kesempatan oleh penerbit Haru untuk mereview novel Love O2O di akun instagramku (@bookaisy). Karena di instagram tidak bisa memuat karakter tulisan sebanyak di blog, jadinya review di instagramku bisa dibilang cukup singkat. Maka dari itu, aku mengumpulkan kepingan-kepingan reviewku di instagram untuk ditulis dan diulas kembali di blog. Mari kita mulai reviewnya…


Awal cerita dibuka dengan kalimat permintaan cerai dari Zhen Shui Wu Xiang, suami virtual Bei Wei Wei di sebuah game online. Pernikahan tersebut bukan status resmi di dunia nyata, melainkan hanya status di dunia game. Pernikahan antara dua karakter game di game online tersebut merupakan hal yang biasa terjadi di kalangan para gamers. Yah, kurang lebih seperti role-player di kalangan para fangirl.

[Zhen Shui Wu Xiang]: Wei Wei, datanglah ke Pulau Putus Cinta! Kita akan bercerai.—halaman 5.

Seperti yang telah disebutkan di blurbnya, para pemain lain mengira Wei Wei cemburu dengan ‘mantan suaminya’. Karena mantan suaminya—Zhen Shui Wu Xiang—dikabarkan akan menikahi Xiao Yu Yao Yao—cewek tercantik di game online tersebut. Padahal Wei Wei sama sekali tidak merasakan api cemburu terhadap pasangan gamers itu. Meski Wei Wei sudah mengelak, tetap saja pemain lain tidak percaya kalau Wei Wei tidak merasakan api cemburu terhadap Xiao Yu Yao Yao.

Disaat Wei Wei bingung harus bagaimana menghadapi opini-opini pemain game lainnya, datanglah Yi Xiao Nai He—‘dewa’ game online tersebut. Kedatangan Yi Xiao Nai He tentunya memiliki tujuan yang jelas. Ia mengajak Wei Wei untuk menikah. APA?!?!?! Iya, Yi Xiao Nai He mengajak Wei Wei untuk menikahkan karakter game mereka di dunia game online tersebut. Ingat, nikah virtual di dunia game lho, ya. Bukan ngajak nikah langsung di KUA X))


[Yi Xiao Nai He]: Menikahlah denganku.—halaman 19.

Tentu saja Wei Wei kaget dengan ajakan menikah yang sangat tiba-tiba itu. Namun, akhirnya Wei Wei pun menerima ajakan nikah tersebut. Dan jadilah karakter Wei Wei sebagai istri dari Yi Xiao Nai He, si tuan dewa game online. Ia pun memulai kehidupan baru di dunia gamenya bersama Yi Xiao Nai He.

Kehidupan karakter Wei Wei di game online tersebut pun menjadi lebih makmur. Ia berhasil naik beberapa level, menuntaskan banyak misi, mendapatkan banyak amunisi senjata modern, dan sebagainya. Bahkan, sekarang ia berteman dengan gengnya Yi Xiao Nai He. Banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh Yi Xiao Nai He membuat Wei Wei kaget dan kagum. Yi Xiao Nai He memang tidak bisa ditebak, karakternya sangat unik dan sangatsangat karismatik. Juga licik ketika berhadapan dengan musuhnya. Memang benar-benar tuan dewa, batin Wei Wei.

Ketika Wei Wei sedang menikmati kehidupan gamenya yang semakin hari semakin mengasyikkan, muncul sebuah masalah yang melanda Wei Wei dan Yi Xiao Nai He. Dimana masalah ini cukup rumit bagi Yi Xiao Nai He dan mengharuskan ia untuk bertemu langsung dengan Wei Wei di dunia nyata. Deg! Awalnya Wei Wei merasa bingung, tapi pada akhirnya ia mengiyakan ajakan bertemu langsung tersebut. Perasaan Wei Wei campur aduk, ia gugup tapi juga senang, takut tapi juga penasaran.


[Yi Xiao Nai He]: Masalah ini agak rumit.

[Lu Wei Wei Wei]: Hah? Oya?
[Yi Xiao Nai He]: Ya.
[Yi Xiao Nai He]: Kita bertemu saja, lalu mendiskusikannya.—halaman 162.


Lalu bagaimana jalannya pertemuan Wei Wei dengan Yi Xiao Nai He? Akankah karakter asli Yi Xiao Nai He semenarik karakternya di dunia game? Yuk, cari tahu jawabannya dengan berburu Xiao Nai-mu di toko buku terdekat! :D

***

Plot
Alur cerita yang disuguhkan oleh Gu Man benar-benar seperti arus air yang mengalir dengan tenang namun lama-lama menghanyutkan. 100% benar dan tidak dilebih-lebihkan! Saat membaca novel ini aku benar-benar terbawa arus, dan rasanya berat banget untuk stop baca. Guess how much time I’ve spent to read Love O2O? Just 4 hours, I mean really,yes this book is one of my favorite romance books.

hanyut dalam cerita~
source: google

Love O2O menghadirkan cerita romance yang manis dengan ide cerita yang fresh dan simple. Ceritanya asik banget dan nggak klise. Novel ini juga tidak hanya mengedepankan unsur cerita romancenya, tetapi juga banyak menyajikan unsur komedinya. Komedinya nggak garing lagi, beneran lucu bikin ketawa. Bahkan tak terhitung berapa kali aku tersenyum dan terkikik saat baca novel ini. Aku senang karena novel ini tidak berfokus pada cerita baper-bapernya aja, tetapi juga ada fokus pada cerita tentang persahabatan antartokoh, pendidikan mereka, bahkan masalah pekerjaan juga diangkat ke dalam novel ini.

Nggak ada rasa bosan yang muncul ketika aku baca Love O2O, yang ada malah rasa candu dan penasaran. Pokoknya novel ini sama sekali nggak membosankan, malah minta dibaca ulang terus-terusan.

Tokoh dan Karakter
Wadu waduuuuu, ini bagian penting dari novel ini juga sih. Ya, walaupun tokoh utama perempuan dan laki-lakinya memang dewa banget deskripsinya. Tapi memang itu salah satu pemanisnya juga sih. Di instagram, aku lebih banyak mendeskripsikan abang Xiao Nai, sedangkan Wei Wei sedikit bahkan nggak aku sebutkan ya tentang karakternya? Jadi, disini aku ulas karakternya Wei Wei aja ya.

Wei Wei ini tipikal perempuan gamers yang mandiri dan simple banget. Cantik tapi nggak peduli dengan kecantikannya. Karena menurut dia, inner beauty yang paling penting. Meskipun seorang gamers, Wei Wei tetap rajin dan tekun dengan mata kuliahnya. Yah, kurang lebih begitulah karakternya. Abang Xiao Nai mah nggak usah dijelasin lagi ya? Mampir ke instagramku aja nih ->> @bookaisy. Intinya, Xiao Nai itu seseorang yang sangat karismatik dan unik.

photo by me

Untuk tokoh-tokoh pembantu lainnya nggak perlu aku jelasin ya, karena buanyaaaak banget tokohnya. Karakternya juga beda-beda. Capek aku kalau harus mendeskripsikannya satu-satu. Tapi, intinya lebih realistis dan nggak sedewa tokoh utamanya ya ^^

Konflik
Konflik yang ada di dalam novel Love O2O nggak muluk-muluk, malah cenderung ringan. Tetapi aku nggak bisa komplain atas ringannya konflik yang ada, karena menurutku konfliknya sudah sesuai porsinya. Jadi, nggak perlu deh ditambah-tambah lagi, biarlah seperti itu adanya. Segitu aja sudah buatku jatuh cinta banget sama novel ini! <3

Latar
Tentunya tidak mudah bagi penulis untuk menggambarkan latar dunia game dan dunia nyata ke dalam bentuk tulisan. Apalagi untuk pembaca yang bukan seorang gamers sepertiku. Pastinya buta banget dengan dunia game para gamers. Tetapi, Gu Man berhasil mendeskripsikannya dengan sangat baik! Sehingga aku yang bukan seorang gamers bisa membayangkan dengan baik bagaimana kehidupan dunia game online di dalam novel Love O2O.
 
source: google


Untuk latar suasana dan waktunya……. Ah sudahlah tidak perlu dibahas lagi, feelnya bisa dirasakan bangetlah olehku sebagai pembaca.

Sudut Pandang
Gu Man memakai sudut pandang ketiga di dalam novel Love O2O. Ya sudah deh, deskripsi Xiao Nai semakin-makin jelas terlihat dari narasi-narasi penulis. Aduh, semakin jatuh cinta lah sama abang Xiao Nai <3<3

Ending
Bagian endingnya novel Love O2O ini masuk my top favorite scenes dari novel ini. Sukaaaaaaaa bangeet! Endingnya rapih dan terselesaikan dengan baik. DAN LUCU BANGET YAAAMPUN I CAN’T HANDLE MY SMILEEEEEE!!! Jangan berani-beraninya kalian intip-intip halaman terakhirnya ya, kalian harus baca dari awal dulu! Supaya kalian bisa merasakannya, merasakan manis-lucu-awkward moment endingnya aaaaaaaaaghh <3<3<3<3<3

Tata Kebahasaan
Jujur, ini pertama kalinya aku baca M-novelnya Haru, dan langsung jatuh cinta! Awalnya, agak susah sih baca nama-nama karakternya ya, karena ribet banget nama Mandarin tuh, susah untuk di-spelling xD terus juga istilah-istilah game dalam bahasa Mandarinnya, waduh matilah awak! Tetapi untungnya banyak footnote yang berseliweran di novel ini, jadi bisa paham dan nggak perlu ribet googling deh. Footnotenya juga jelas banget kok. Bahasa terjemahannya buku-buku Haru Group memang top deh! Aku nggak bisa berkata-kata lagi, nyaman banget bacanya, asli.

 
source: google⬂⬀


Eh iya, ada kekurangan huruf di beberapa chat gamers, ada sedikit typo juga. Tapi no matters sih buatku, soalnya nggak mengganggu. Tetep lavlav deh sama abang Xiao Nai!

Overall
Overall I love this book sooooo muchas!<3 ya, intinya, aku suka dengan keseluruhan cerita yang ada di novel Love O2O. Baik plotnya, konfliknya, tokoh-tokohnya, dunia gamenya, dunia nyatanya, endingnya, ya semuanyalah aku suka banget. It’s amazing, how this book could makes me smile again and again and I cant stop smiling when I write this review :))
 
source: google
Lalu, kurangnya apa dong dari novel ini, daritadi yang bagus-bagus saja yang ditulis dalam reviewnya? Duh, kalau ditanya begini aku juga bingung ya jawabnya gimana. Karena memang yah, memang novel ringan ini semanis itu:)) paling kurangnya ya masalah typo itu aja. Daaan mungkin deskripsi tokoh utama yang terlalu ‘dewa’ kali ya. Jadi miris kalau dibandingkan dengan diriku, eits gausah dibandingin kalau gitu. Pokoknya, aku berani jamin, kalian nggak akan menyesal ketika memutuskan untuk beli dan baca novel ini. Highly recommended terutama untuk para pecinta novel romance dan para pecinta game! :D 4,5 stars for Love O2O from me! 0,5nya kemana? Anggap saja kesempurnaan itu hanya milik Allah, hehehe. ★★★★✮


Btw, novel Love O2O sudah ada adaptasi film dan dramanya, lho. Kalian sudah nonton belum? Aku sih baru lihat beberapa cuplikan preview film dan dramanya. Belum nonton full, jadi belum bisa compare antara novel-film-drama. Tetapi, banyak yang bilang dramanya yang lebih mendekati dengan novel. Well, aktor yang jadi Xiao Nai di drama ganteng banget booo! Wkwkwk, pas baca novelnya aku terbayang-bayang wajahnya xD jadi, kalau kalian sudah nonton drama atau filmnya atau bahkan keduanya, harus banget sih baca novelnya juga! :))


Note to publisher:

Terima kasih Penerbit Haru telah menerbitkan novel kece-asik-manis ini! Terima kasih juga telah memercayakan aku untuk mereview novel Love O2O di Instagram! Mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan, semoga kedepannya bisa bekerja sama dengan baik lagi :) Sukses terus untuk penerbit lokal favoritku di masa kini! <3

Comments

  1. Soalnya klo film kan pendek. Sya malah liat filmnya dulu. Belum baca novel or nonton dramanya. Jd kepop

    ReplyDelete
  2. Setuju.. baca novelnya bikin nagih dan penasaran..Tapi pas udah 'tamat' jadi sedih udah selesai novelnya.
    Aku pertama liat dramanya baru aku nyari-nyari novelnya. Jadi pas baca novel kayak kebayang ini adegan yg pas apa di drama. Dan di novel lebih diliatin detail-detail yang nggak ada di drama.
    + memang pemainnya cakep :) yang jadi Xiao Nai namanya Yang Yang ..
    Dan
    Makasih kak reviewnya , menambah senang karena aku baru aja selesai novelnya di 2018 🙏

    ReplyDelete
  3. Kalau boleh tau gimana ya caranya dapetin novel love o2o ini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf baru balas. Waktu itu aku dapat gratis krn terpilih utk jadi reviewer novelnya di instagram :) kalau kamu mau beli novelnya sila langsung ke owlbookstore atau tokopedianya Penerbit Haru yaa

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye