[BOOK REVIEW] Nomik Pilihan Terakhir

Judul : Pilihan Terakhir (Novel-Komik Catatan Harian Olin #1)
Penulis : Ali Muakhir
Komikus : Dyotami F. dan Satriyo W.
Penerbit : Mizan
Jumlah Halaman : 164 hlm
Kategori : Fiksi, Remaja, Islami

dijepret pake kamera oppo nih guys haha


Halo, guys! Kali ini, aku akan mereview Nomik Pilihan Terakhir terbitan Mizan. Wah apa tuh ‘Nomik’? Nomik merupakan singkatan dari Novel-Komik. Jadi, Nomik adalah buku fiksi yang memadukan novel dengan komik dalam satu buku. Komik yang ditampilkan bukan hanya sekadar komik biasa, tetapi merupakan bagian dari alur cerita.

Nomik pertama ini, menceritakan tentang si Olin, gadis manis bertampang bidadari, jago tae kwon-do, dan selalu diistimewakan lingkungannya, tiba-tiba berkeinginan menutup kepalanya dengan jilbab. Akan tetapi, banyak yang tidak mendukungnya.

Bagus, kakak Olin satu-satunya, yang diharapkan dukungannya malah mengikutsertakannya dalam ajang pemilihan model di sebuah majalah remaja ternama. Belum lagi persoalan Bagus yang ditimpakan pada dirinya. Hal ini membuatnya jatuh sakit.

Apakah kemudian Olin tetap memakai jilbab, atau malah menjadi model ternama? Bagaimana akhirnya? Yang jelas Olin benar-benar ditantang pada pilihan-pilihannya.

Nomik Pilihan Terakhir ini termasuk nomik jadulnya Mizan, guys. Tapi statusnya yang jadul bukan berarti tidak bermanfaat lagi untuk dibaca. Malah aku sangat merekomendasikannya untuk para muslimah remaja yang masih bimbang ataupun ragu dalam memakai jilbab. Karena cerita Olin bisa menjadi penawar serta penguat kalian dalam melaksanakan kewajiban berjilbab. InsyaAllah…

Nomik Pilihan Terakhir menyajikan alur cerita yang cukup sederhana. Sehingga tidak membingungkan pembaca dalam membacanya. Cerita didalam nomik pun dikemas secara sederhana dan tidak bertele-tele. Namun, dapat menghunus dengan tepat di inti cerita, tanpa meninggalkan inti tema yang dibawakan.

Aku sangat merekomendasikan nomik ini buat kalian yang nggak suka baca novel tebel-tebel atau baca novel terlalu lama. Karena nomik ini disajikan secara selang-seling beberapa bab (tulisan-komik-tulisan-komik dan seterusnya). Jadi, bakal terhibur juga sama ilustrasi komik yang ada di buku ini. Aku suka banget sama gambar komiknya. Apalagi ilustrasi tokohnya itu menurutku pas bangeeet. Dijamin deh buku ini nggak ngebosenin! Buku ini juga terhitung mudah untuk dilahap. Karena pemakaian bahasanya cukup sederhana. Sehingga ngga perlu buka-buka KBBI dulu untuk memahami arti kata per katanya hehehe.

Konflik cerita yang diambil cukup menarik, dan memang banyak terjadi di kehidupan nyata para muslimah. Tetapi sayangnya pada saat cerita berada di titik puncak konflik, konfliknya menurutku malah kurang ditekankan. Kurang josss. Kurang pecah. Jadi, lebih baik untuk dipoles lagi agar konflik terasa lebih hidup.

Amanat yang terkandung dalam nomik ini juga sangat bagus. Diantaranya mengajarkan kita tentang toleransi, meneguhkan pendirian, persahabatan dan kasih sayang antar sesama. Tentunya tidak terlepas dari cerita kehidupan remaja yang dialami oleh Olin.


Aku kasih 3/5 bintang buat novel-komik Pilihan Terakhir. I Liked it!

Comments

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye