[Life Journal] Berkelana ke Pulau Harapan

Yuhuuu
Selamat malam, guys!

Malam Jum'at yang insyaAllah barokah ini akan kujadikan sebagai waktu untuk menulis di blog. asyique. Seperti judulnya, tulisan ini akan membawamu padaku eeeeeeeee.... maksudnya membawamu berkelana menuju Pulau Harapan. Siapa tau ada yang kepo dimana sih Pulau Harapan itu? Atau ada juga yang rencana trip kesana? Atau sekedar pengen tau aja? Yuk langsung aja, check it out!

Sekilas Tentang Pulau Harapan
Pulau Harapan terletak di utara ibukota Indonesia, Kepulauan Seribu, Jakarta.  Jadi, di Pulau Seribu tuh ngga cuma Pulau Tidung aja lhooo, tapi ada juga Pulau Harapan. Pulau Harapan punya keajaiban alam yang dapat memanjakan mata kita. Lautan biru, terumbu karang yang tangguh, ikan-ikan yang unik, hingga ubur-ubur yang suka caper (fix ini rasanya sakit kaya kesetrum, ngagetin, dan gatel)! Yah, sesuai namanya, disini tempat untuk menemukan harapan-harapan kita. Well, terkhusus bagi yang berharap bisa jauh-jauh dari kemacetan dan kepenatan di Jakarta, dan.....  jauh-jauh dari doi, eeeeeh.

source : kamera temen gue
Our Trip
Well, trip ke Pulau Harapan ini udah direncanain sama temen kelas dari kelas 10, cuma yagitu, wacana terus. Maklum aja, dompet anak SMA gaseberapa he he he. Terus juga izin ke ortunya kadang susah-susah asem dulu haha. But, finally we did our plan! Yeay

21 November 2015! Kumpul di sekolah jam 4 pagi (bayangkan gue harus bangun jam berapa). Tapi ya tetep aja ya namanya manusia, suka khilaf, demen telat (terkhusus WNI). Terus kita shalat shubuh di sekolah. Selesai shalat, ada beberapa temen gue yang super duper telat, kaga nongol-nongol itu batang idungnya. Oiya, ibu walikelas gue pun dateng telat, tapi dateng duluan dibanding temen gue yang telat. Akhirnya, setelah semua siap sedia, kita langsung naik bis sekolah (nyewa ini coy) dan cabut ke Pelabuhan Muara Angke. Nah, tips buat kalian yang dapet kapal nyebrang pagi, maka harus dateng lebih pagi lagi di pelabuhannya. Kenapa? Karena kalau berangkat ngepas bakalan macet. Jalanannya ittu sempit terus juga (maaf) bau. Maklum ya, kan ada beberapa pemukiman tidak layak dan pasar hehe.

Pas di pelabuhan, jangan kaget kalo air lautnya butek. Maklum, air bersih di Jakarta cuma sedikit.

Oiya lupa, trip gue dan temen kelas gue ke pulau ini pake jasa travel Kemilau Wisata (kalo namanya ga salah ya). Pokoknya ada alumni yang kerja disitu atau malah yang punya travelnya. Gue ngga terlalu ngeh hehe. 

Kapal buat nyebrang yang kita pakai, kapal kayu biasa. Dan perjalanan nyebrang ini memakan waktu sekitar 3 jam. Sebenernya bisa cuma 1 jam, pake kapal apatuh yang cepet, tapi harganya juga kenceng! hehehe. Gue dan temen-temen sampai pelabuhan jam 6an, terus nunggu sampai jam 8an baru kita berangkat. Selama nunggu itu, kita liat sunrise, sarapan ngemil-ngemil asyiq, tebak-tebakan pesawat apa yang mau mendarat di Soetta (sumpah deket banget soetta sama muara angke), gossip, main kartu, nyanyi-nyanyi, selfie-selfie dan berburu foto panorama indah.

kapal kayunya
sunrise!

hayo tebak pesawat apa?
Nah, selama di perjalanan itu isinya cuma air, air, dan air. Kalian bakal ngelewatin 3 warna air laut, yakni:
  1. Air laut keruh banyak sampah
  2. Air sedikit jernih beberapa sampah
  3. Air jernih banget ngga ada sampah!
Pokoknya air tuh bak tiada habisnya. Betapa hebatnya kuasa Allah, subhanallah. Btw, gue demen banget duduk dipinggiran kapal, terus ngejatohin kaki ke arah air. Tapi ati-ati kalo mau kaya gitu, sendal temen gue ada yang copot kebawa angin! Hahaha. Jangan lupa baca do'a biar ngga kecebur hahaha

adeeem coeggg
Sesampainya di Pulau Harapan kita disambut oleh jajanan minuman, gorengan, cilung (surga dunia!), dan masih banyak lagiii. Dan pastinya disambut ucapan selamat datang, yuhuuu! Bener-bener kaget sih gue pas nyampe, ngga pernah nyangka kalo Jakarta masih punya keindahan laut yang amat sangat biru jernih. Aaaaaaaah keren banget deh pokoknya! Words cant explain how amazing that view....

Then, we were going to our homestay. Yaaa, gue dan temen-temen sih berusaha untuk ngga berekspektasi tinggi ya, karena di perjalanan sebelumnya (ke Pare kampung inggris itu lhooo, next time gue pos disini) kita berekspektasi tinggi terhadap asramanya, cuma yaaa kurang banget dari ekspektasi kita. Tepatnya bukan kita, temen-temen gue, karena gue sih udah ngira asramanya kayak gitu pas ke Pare hahaha. Oke lanjut, kita jalan kaki dari gapura selamat datang sampai homestay. DAN ini yang ngga kepikiran sama sekali sama gue, ada kantor kecamatan, kelurahan, puskesmas, dan sekolah!!! Gue kira pulaunya tuh bener-bener pulau buat nginep doang, ternyata oh ternyata... Ada pemukiman juga gaes! Banyak yang punya motor juga loh masyarakatnya. Terus akhirnya laki-laki dan perempuan pisah, soalnya beda homestay (yaiyalah masa mau disatuin wkwk). Laki-laki homestaynya lumayan deket dari gapura, kalo yang perempuan belok-belok ke gang dulu. Pas sampe, kita semua (para cewek cantik) langsung teriak "yaampun" "yaAllah keren banget" "wah homestaynya bagus banget" "lebih lebih lebih baik dari ekspektasi" ... Gimana ngga histeris? Homestaynya rapih banget, dan lokasinya strategis banget. Depan rumahnya langsung laut. Wuiiih, kapan lagi keluar pintu rumah langsung laut, ya kan? Wkwkwk. Fasilitas rumahnya juga bisa dibilang kelas atas lah. Dan tau ngga gaes? Pas masuk ke dalem, udah ada makan siang yang siap sedia, gimana ngga bikin ngiler? Beuh, ngerasa jadi ratu paling bahagia dalam semalam haha. Puas deh sama homestaynya, cuma satu kurangnya... Air kamar mandinya, air asin :') cuci muka pake air gareeemmm!

Setelah bagi-bagi kamar, shalat dan makan siang, kakak alumni yang jadi tour guide kita dateng dan ngasih tau run down acara sehabis makan. Yup, kita jelajah pulau plus snorkeling dari siang dan akan berakhir saat maghrib. Jadi kita bakal ngeliat sunset dari salah satu pulau, wiiiih seru banget kan?! Lalu, kita semua siap-siap pake baju renang, ada yang pake kaos sama celana legging, salah satunya gue. Pake handbody, sunscreen, sunblock, bedak, gincu (duh ini sebenernya kita mau kemana sih?wkwkwk). Dan, persediaan handuk serta kamera (wajib, kudu, mesti banget dibawa nih buat hunting photo)

Ketemuan di pelabuhan sama anak laki-lakinya, kelihatannya mereka santai banget ngga rempong kaya cewek-cewek ini. Terus kita naik kapal kayu yang buat jelajah pulau deh, gue gatau ada nama khusus atau ngga buat kapal ini. Jadi, gue sebut aja kapal kayu jelajah pulau. Dan dimulailah, perjalanan jelajah pulau siang itu....


Sejauh mata memandang, hanya kilauan sinar matahari yang begitu nyentrik, serta air lautan yang mengharu biru.


Dan kapal berhenti di tempat khusus snorkeling. Satu persatu dari kita pakai pelampung, sepatu katak serta alat pernafasan buat snorkeling. Kakak tour guide kita ngejelasin cara pakainya. Then, one by one, we were jump to the sea!!! Byuuuuuuuuurrrrrrrrr....

Buat gue yang pertama kali banget snorkeling (gapapa ye norak) agak ngeri juga sih buat lompat, jadi gue turun pelan-pelan lewat tangga perahunya aja wkwk. Ngeri, takutnya nanti ada apa-apa lagi. Apalagi, gue ngga mahir berenang -_- tapi, akhirnya kesenengan juga dan gue mulai jelajah terumbu karang sendiri. Keren! Banyak banget ikan-ikan hias gitu, unyu banget, serasa di aquarium gue. Lha.....wkwk

Setelah puas snorkeling, kita keliling pulau lagi. Mampir ke pulau yang isinya pasir doang, jadi itutuh sebenernya ada garis yang nyambung sama pulau diujungnya, karena sesuatu jadi kepisah gt sama pulaunya. Ada penjelasan geografinya, tapi gue lupa-_- pasirnya putih bangetttt btw.

Next, water sport! Tadinya sih, jadwal water sport itu esok harinya. Tapi, akhirnya dijadiin hari pertama. Water sport tuh apa? Yaa, banana boat terus ada yang kaya banana boat tapi bentuknya kaya bantal gitu. Bedanya, kalo banana boat kan dijatohin ke laut, kalo yang itu ngga. Gue sok berani pilih banana boat, tapi ngantri lama. Jadi, gue milih yang seadanya aja. DAN akhirnya gue dapetnya banana boat, naik deh tuh berlima. Gue duduk paling belakang. Dibawa keliling-liling sama abang-abangnya. Btw, abang-abangnya ada 2, satu yang nyetir perahu yang narik banana boat, satu di belakang banana boat. Terus mulai dimiring-miringin biar jatoh, terus ngebutttttt, miriiiiiiiiiing banget, temen-temen gue jatoh semua, cuma gue yang belom jatoh. Udah bangga tuh, "mantap, gue doang yang bertahan!" tiba-tiba aja, byurrrrrrr! Banana boatnya dimiringin sama abang-abang yang dibelakang gue, alhasil gue jatoh kepelanting ke laut. Brrrrrrrrrrrrrrrrrrr. Gelap. Twilight. Takut. Sakit punggung. Panik. Gila, gue panik abis ngeliat lautnya gelap banget, dan gue mikirnya gue tenggelem ke twilightnya hahaha. Tapi, muncul lagi ke permukaan, langsung nyamperin temen-temen gue. Terus ketawa ditengah laut bareng-bareng. Daaaaaannnnnnnn baru sadar, jilbab temen gue lepas, dan jilbabnya udah ngapung beberapa meter disampingnya! Wkwkwk kocak banget asli :') terus temen gue ngagetin "aaw" "eh apaan tuh ada yang ngegigit tangan gue, rasanya kaya kesetrum" "hah apaan" langsung panik lagi. Tau ngga itu apa? Ubur-ubur! Nah, ini pelajarannya. Liat-liat ya di sekitar laut itu ada ubur-uburnya atau ngga. Kalo ada hati-hati deh. Kalo kesengat rasanya kaya kesetrum, tapi lumayan perih kata temen gue. Plus ngebekas jadi merah gitu. Tapi bisa hilang kok, tenang aja. Akhirnya, kita naik lagi ke banana boatnya, dibantuin abang-abangnya. Tadinya mau dijatohin lagi dideket pinggir pantai, tapi kita nolak. Karena udah kapok semua hahaha.

Oya, di tepi pulaunya ada banyak biji-biji congklak, terus bekas kerang, sama batu-batu yang bentuknya unik gitu. Menarik bagi gue dan beberapa temen gue, dan kita ngumpulin semuanya jadi satu. Terutama biji congklaknya. Lumayan kan bisa dijual, "biji congklak pulau harapan"

Setelah water sport kita jelajah lagi ke pulau lain, di sebelah barat sih kayanya (ea sotoy). Tempat terakhir buat hunting hari ini. Pos untuk liat sunset. Kita foto-foto dan bercanda di air sambil nungguin sunset. Semua senang, semua bahagia! :D ngga lama, awan berubah menjadi biru keoren-orenan, lalu kemerah-merahan, dan disanalah matahari mengucapkan salam perpisahannya untuk kami di hari yang indah itu. Byebye sun, see u tomorrow! Lalu, kita balik ke homestay. Ngantri deh buat mandi dan bersih-bersih. Masih ada jadwal terakhir untuk hari itu. bakar-bakar atau bahasa kerennya 'BBQ-an'.

Bersambung!

Comments

Popular posts from this blog

[BOOK REVIEW] Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

[BOOK REVIEW] Nais Tu Mit Yu by Dina Mardiana

[BOOK REVIEW] Tentang Kamu by Tere Liye